Tugas Etprof

Mari Belajar Bahasa Asing

“Bi al-Lughoh na’rifu al-‘ilma wa bi duunihaa kunna fi adh-dhalaam. Dengan bahasa kita bisa menguasai ilmu dan tanpanya kita akan berada dalam kegelapan (kebodohan)”

Dian Nafi, Mesir Suatu Waktu

Saat ini tak jarang kalangan pelajar kita tidak begitu tertarik dengan pelajaran bahasa asing. Sebagian dari mereka menganggap belajar bahasa asing kalah penting dengan pelajaran lain seperti Matematika, Biologi atau Fisika. Dan ada juga yang meremehkan pentingnya untuk kita belajar bahasa asing. TIdak hanya kalangan pelajar sebetulnya, mahasiswa maupun angkatan kerja yang ada saat ini tidak begitu menaruh minat dalam mempelajari bahasa asing. Bahasa asing di sini tidak berarti hanya Bahasa Inggris, melainkan bahasa internasional lainnya seperti Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin dan bahasa lainnya.

Padahal, bahasa asing adalah salah satu kunci untuk kita guna mendapatkan masa depan yang lebih baik. Seperti kutipan dari Dian Nafi diatas, bahasa merupakan jalan bagi kita untuk menguasai ilmu pengetahuan. Dengan memiliki kemampuan berbahasa yang luas dan baik tentunya akan memudahkan kita untuk memahami ilmu pengetauhan. Dengan berbahasa asing, kita juga dapat mengikat relasi dengan banyak orang dari berbagai orang dari belahan dunia yang lain. Dengan banyak relasi yang kita miliki maka makin baik pula pengetahuan serta jaringan pertemanan yang ada. Sehingga memudahkan kita untuk mencari informasi di tempat lain dari teman teman yang kita miliki.

Selain itu dengan makin beratnya persaingan lapangan pekerjaan seiring diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan kian membanjirnya ekspatriat yang bekerja di Indonesia tentunya kita memerlukan portofolio yang lebih guna meningkatkan kualitas diri kita dibandingkan dengan pelamar pekerjaan lainnya. Salah satunya dengan berbekal kemampuan berbahasa asing diatas rata rata. Dengan begitu kita memiliki nilai lebih dibandingkan dengan pelamar kerja yang lain. Dan nantinya dengan kemampuan berbahasa asing yang baik, kita menjadi lebih berkompeten dalam bekerja dengan orang asing.

Dengan begitu banyak manfaat yang didapat dari kemampuan berbahasa asing, sudah saatnya bagi kita untuk menaruh perhatian lebih dalam kemampuan berbahasa asing kita. Sehingga kelak kita bisa menghadapi era globalisasi dengan baik.

Salam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.